KUNJUNGAN INDUSTRI SMK AL-FATAH BANJARNEGARA DI SMK NEGERI 1 TENGARAN

KUNJUNGAN INDUSTRI SMK AL-FATAH BANJARNEGARA
DI SMK NEGERI 1 TENGARAN

X-SATA, (20/2) Kunjungan Industri merupakan salah satu program pembelajaran diluar lingkungan sekolah bagi siswa sekolah menengah kejuruan. Kunjungan Industri ini merupakan program pendidikan yang bertujuan memebentuk generasi masa depan untuk mengenali budaya yang ada dalam bidang industri/industrial culture, melaksanakan disiplin kerja sekaligus mengenal industry manufaktur. Kegiatan ini  biasa dilakukan oleh siswa sekolah menengah kejuruan dengan mengunjungi tempat industri tertentu untuk melihat dan belajar mengenai praktik bisnis dan operasi industri tersebut.

Belakangan ini banyak SMK yang melakukan kegiatan Kunjungan Industri. Sama halnya dengan yang terjadi di SMK Negeri 1 Tengaran, Selasa 20 Februari 2024. SMK Negeri 1 Tengaran kedatangan tamu Kunjungan Industri dari SMK AL-Fatah Banjarnegara. Kunjungan Industri ini diikuti oleh siswa kelas XI jurusan RPL SMK AL-Fatah Banjarnegara. Beberapa kegiatan yang merekan lakukan setelah sampai di SMK Negeri 1 Tengaran adalah mendengarkan materi yang disampaikan oleh Kepala Jurusan RPL SMK Negeri 1 Tengaran dan juga dari siswa magang RPL dengan PT.Karir Anak. Siswa siswi dari SMK AL-Fatah Banjarnegara sangat antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan oleh Kepala Jurusan mengenai magang PT.Karir Anak. Mereka juga sangat antusisas bertanya kepada siswa magang SMK Negeri 1 Tengaran mengenai pengalaman yang dialami selama magang di PT.Karir Anak. Setelah selesai dengan pemateri, siswa siswi SMK AL-Fatah Banjarnegara diajak untuk berkunjung ke Rumah Joglo Karir Anak di Desa Karangduren, untuk mengamati dan mempelajari apa saja yang dilakukan siswa magang di Rumah Joglo tersebut.

Semoga dengan adanya Kunjungan Industri ini, baik SMK AL-Fatah Banjarnegara maupun SMK Negeri 1 Tengaran dapat menjadikan siswa siswi memahami budaya yang ada dalam industri dan untuk sekolah, khususnya jurusan RPL lebih berkembang dan lebih  berkembang lagi.

 

Penulis : Niken Setyowati – Jurnalis SMKN 1 Tengaran

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like these