Webinar Perdana Bersama Citra Ilmu X-Sata

Webinar Perdana Bersama Citra Ilmu X-Sata

(Xsata, 22 Februari 2024). Dalam rangka semakin meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, SMK Negeri 1 Tengaran melalui komunitas belajar Citra Ilmu X-Sata, menyelenggarakan webinar dengan tema “Penerapan Budaya Positif dan Kompetensi Sosial Emosional Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka”. Webinar diselenggarakan via zoom pada hari Sabtu, 17 Februari 2024 dimulai pukul 09.00 sampai 11.00. Dimoderatori oleh ibu Arnik Atin, S.Pd, dihadirkan dua pembicara yaitu ibu Farida Fahmalatif, S.Pd, M.Pd, Kepala Sekolah Berprestasi Nasional serta bapak Aris Abadi, S.Pd, M.Pd, GTK Inovatif Berprestasi.

Pada sesi pertama, ibu Farida Fahmalatif, S.Pd, M.Pd memaparkan tentang kompetensi sosial emosional untuk implementasi kurikulum merdeka bermakna dan menyenangkan. Diawali dengan pemaparan prinsip Pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang dikaitkan dengan kurikulum merdeka. Dilanjutkan dengan social and emotional learning (SEL) yang meliputi self management, social awareness, relationship skills, self awareness,  dan responsible decision making. Selanjutnya adalah self-regulation theory, yang mengandung pengertian suatu sistem manajemen kesadaran pribadi yang membantu kita mengontrol apa yang kita pikirkan dan kerjakan. Pemaparan diakhiri dengan manfaat penerapan SEL yaitu prestasi akademik, kesadaran diri dan percaya diri, empati tinggi, keterampilan hubungan baik serta mengurangi tekanan emosional.

Memasuki sesi kedua, bapak Aris Abadi S.Pd, M.Pd memaparkan tentang budaya positif. Diawali dengan konsep inti budaya positif yaitu perubahan paradigma belajar, disiplin positif, nilai-nilai kebajikan, kebutuhan dasar manusia, motivasi perilaku manusia, posisi kontrol guru, keyakinan kelas dan segitiga restitusi. Semua elemen budaya positif dijelaskan dengan menarik dan lengkap.

Selain materi yang sangat bermanfaat, hal menarik lainnya adalah antusiasme yang sangat tinggi dari peserta webinar. Tercatat ada 1364 peserta dari seluruh Indonesia yang bergabung baik melalui zoom maupun you tube. Selaku kepala sekolah, ibu Farida Fahmalatif S.Pd, M.Pd merasa sangat bersyukur sekaligus bahagia atas antusiasme peserta yang tidak hanya sekedar mengharap sertifikat. Hal ini dibuktikan dengan grafik peserta yang tidak mengalami penurunan selama webinar. Pesan yang disampaikan oleh ibu kepala sekolah adalah untuk bermanfaat tidak harus hebat, bagaimana dengan ilmu yang kita miliki bisa bermanfaat bagi orang lain. Harapan untuk kegiatan webinar selanjutnya adalah dalam satu bulan bisa lebih dari sekali webinar diadakan.

Komunitas belajar Citra Ilmu X-Sata adalah nama yang diberikan oleh ibu Farida Fahmalatif. Komunitas ini diketuai oleh Ibu Mas’ula, S.Kom. “Kami sangat bersyukur atas partisipasi aktif dan antusiasme yang ditunjukkan oleh para peserta webinar, serta apresiasi yang tinggi kepada para narasumber yang telah berbagi pengetahuan dan pengalaman. Webinar ini tidak hanya memperkuat jaringan komunitas, tetapi juga memberikan wawasan yang berharga kepada semua peserta. Kami berharap acara ini menjadi titik awal dari serangkaian kegiatan yang bermanfaat dan inspiratif bagi anggota komunitas kami di masa mendatang. Terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta menjadikan acara ini sukses”, pungkasnya.

Ditulis oleh : Ninik Dwi Royani, S.Pd

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like these