Asesmen Kolaboratif XI Kuliner 1 & 2

Asesmen Kolaboratif XI Kuliner 1 & 2

(Xsata, 28 Mei 2024). Dalam rangka pekan kolaboratif di SMK N 1 Tengaran, jurusan kuliner menyelenggarakan asesmen kolaboratif pada tanggal 20 dan 21 Mei 2024. Kolaborasi ini melibatkan 5 mata pelajaran di kelas kuliner 1 & 2, yaitu Tata Hidang, Pengolahan dan Penyajian Makanan, Barista, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dengan nama proyek Intimate Dinner Party, proyek ini berisi serangkaian aktivitas pelayanan makan dan minum ala restoran bintang 5 dimana peserta didik melayani tamu yang memesan makanan lengkap.

Pada hari pertama pelaksanaan asesmen, kelas XI Kuliner 2 menghadirkan tema Restaurant Avec Un Gout Fantastique. Menu yang ditawarkan antara lain, Chicken Schnitzel, Spaghetti Bolognese dan Chicken Steak untuk hidangan utama, Strawberry milkshake, choco milkshake, ice blue drink dan lemon tea untuk minuman serta beaten coffee dan chocolate ganache sebagai hidangan penutup. Tidak lupa ada free welcome drink bagi pengunjung resto. Peserta didik mempersiapkan mulai dari dekorasi, sampai pada penyajian makanan. Semua hidangan laku terjual yang membuat siswa Kuliner 2 merasa sangat dihargai atas kerja kerasnya.

Memasuki hari ke dua, kelas XI Kuliner 1 menyajikan menu spaghetti bolognese, chicken fire wings, dan chicken steak untuk hidangan utama. Mocktail telang soda, strawberry milk, dalgona coffee dan mojito untuk minuman, serta chocolate pudding vla + strawberry topping untuk hidangan penutup. Ada juga free welcome drink untuk pengunjung resto. Sama seperti hari pertama, semua menu laku terjual dan hal ini  semakin menambah semangat para siswa untuk meningkatkan keterampilan mereka di kitchen.

Selain melibatkan mata pelajaran produktif yaitu Tata Hidang, Pengolahan dan Penyajian Makanan dan Barista, asesmen ini juga melibatkan mata pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Semua menu mulai dari persiapan sampai penyajian mereka pelajari dari mapel produktif. Pada hari pelaksanaan, mereka akan melayani tamu menggunakan Bahasa Inggris serta mempresentasikan hidangan yang mereka buat dalam Bahasa Inggris. Untuk Bahasa Indonesia, peserta didik akan membuat laporan tertulis dengan format yang sudah diajarkan mengenai kegiatan mereka selama pelaksanaan asesmen kolaboratif. Demikianlah pelaksanaan asesmen kolaboratif di jurusan Kuliner, semoga bisa menambah semangat dan kreativitas peserta didik.

Ditulis oleh : Ninik Dwi Royani, S.Pd (Guru SMK Negeri 1 Tengaran)

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like these