GELAR KARYA PROJEK BASED LEARNING “TRADISI MANTEN”

GELAR KARYA PROJEK BASED LEARNING

“TRADISI MANTEN”

X-SATA, 25 dan 27 September 2023 SMK Negeri 1 Tengaran mempersembahkan gelar karya projek ­based learning “Tradisi Manten”. Projek tersebut dilaksanakan pada hari Senin dan Rabu oleh kelas XII Jurusan Kuliner.

Pada hari Senin gelar karya tradisi manten dengan adat Betawi dipraktikkan oleh para siswa dari kelas XII Kuliner 1. Dan pada hari Rabu gelar karya tradisi manten adat Bali dipraktikkan oleh para siswa dari kelas XII Kuliner II.

Rangkaian acara pada gelar karya tradisi manten tersebut benar-benar dilakukan secara runtut sesuai dengan adat yang mereka peragakan. Para siswa pun sudah secara mandiri menyiapkan segala sesuatunya dengan mandiri. Mulai dari dekorasi, make-up, makanan yang sesuai dengan adat manten, susunan acara, logat suara seperti orang Betawi dan orang Bali, hingga prosesi temu mantennya pun dilaksanakan dengan penuh khidmat.

Dalam gelar karya projek based learning “Tradisi Manten” tersebut merupakan kolaborasi dari tiga guru mata pelajaran yang turut andil didalamnya. Yakni mata pelajaran kuliner, mata pelajaran seni budaya, dan mata pelajaran bahasa Indonesia.

Pada mata pelajaran kuliner mengasah kemampuan para siswa dalam menciptakan dan membuat menu yang enak sesuai dengan tradisi manten yang diperagakan. Kemudian mata pelajaran seni budaya mengasah kemampuan para siswa dari prosesi adat mantennya, dan juga selanjutnya mata pelajaran bahasa Indonesia mengasah kemampuan siswa dalam memandu jalannya acara, apakah susunan acara dan suara sudah sesuai atau belum.

 

 

Penulis : Jurnalis SMKN 1 Tengaran

 

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like these