PELANTIKAN PENEGAK BANTARA SMKN 1 TENGARAN

PELANTIKAN PENEGAK BANTARA SMKN 1 TENGARAN

X-SATA. 1 s.d. 3 Agustus 2023, SMKN 1 Tengaran melaksanakan pelantikan penegak bantara dan laksana yang dilaksanakan di Hutan Pinus Keditan, bawah Telomoyo.

Mereka berangkat dari sekolah pada hari Jumat pukul 14.00 WIB. Sesampainya di sana mereka membuat K3 yaitu kebersihan, kerapian, keindahan untuk tempat kemah mereka. Dilanjutkan dengan melaksanakan upacara pembukaan. Kemudian pada malam harinya, mereka menempati tenda mereka masing-masing.

Nah, pada malam hari tersebut, ada  istilah “Tamu malam” yaitu para pembina berkunjung ke tenda para peserta.  Selanjutnya peserta yang menempati tenda-tenda tersebut diharuskan untuk menjamu para pembina yang berkunjung, jadi dalam hal ini para peserta belajar untuk menjadi tuan rumah jika ada tamu yang datang. Setelah kegiatan tersebut, para peserta dibolehkan untuk tidur. Kemudian pada tengah malam, para peserta dibangunkan untuk kegiatan selanjutnya yaitu “Jerit malam” dan “Uji SKU”.

Keesokan harinya, saat pagi mereka masak sendiri-sendiri seperti ibu rumah tangga atau disebut sebagai korpoi. Tiap tenda ada dua orang korpoi. Dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan seperti senam pagi, outbound, dan lain-lain. Pada hari Sabtu mereka lomba pioneering, cerdas cermat, dan kerajinan antar tiap kelompok.

Malam harinya tepat malam minggu semua anggota melaksanakan kegiatan api unggun. Minggu dini hari tepat pada pukul 02.00 WIB dilaksanakan pelantikan Bantara. Pelantikan dilakukan untuk mengambil dek bantara dengan mengikuti prosesi tradisi PRASATA. Mereka pun menangis dan  terharu untuk mengemban amanah selama satu tahun kedepan sebagai bantara PRASATA.

Hari terakhir, Minggu pagi para peserta dan pembina melaksanakan upacara penutupan kemudian ia pulang ke SMKN 1 Tengaran sekitar pukul 09.00 WIB.

 

Penulis-Airin Jurnalis X-SATA.

 

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like these