Google Jamboard – Whiteboard Cloud untuk Pembelajaran Online

google jamboard untuk pembelajaran jarak jauh

Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) pastinya guru perlu menggunakan berbagai tool-tool pembelajaran yang bervariatif karena mengaktifkan siswa untuk ikut belajar selama PJJ tidak semudah saat pembelajaran tatap muka. Posisi yang tidak satu tempat antara guru dan siswa menjadi kendala tersendiri, maka tentunya perlu banyak media yang digunakan untuk memastikan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

Implementasi Google Jamboard
Implementasi Google Jamboard

Salah satu media yang bisa digunakan guru saat PJJ yang memungkinkan siswa untuk interaktif dalam belajar yaitu: Google Jamboard. Google Jamboard adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan google yang merupakan papan tulis digital. Layaknya sebuah papan tulis konvensional, jamboard ini bisa digunakan untuk media dalam menjelaskan materi pembelajaran dengan menulis materi, menambah gambar dan informasi lainnya. Selain itu bisa juga mengajak siswa untuk interaktif dan berkolaborasi selama pembelajaran terutama saat tatap maya dengen siswa.

Apa itu Google Jamboard?

Jamboard adalah papan tulis digital dari Google yang telah terintegrasi dengan berbagai layanan cloud. Jamboard hadir untuk memudahkan kolaborasi secara real time antara guru dengan siswa sehingga bisa membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Guru dalam kegiatan tatap maya dapat menampilkan Google Jamboard ini. Guru dapat mengajak siswa untuk membuat sketsa ide, memecahkan masalah atau menggambar secara kolaboratif dan sinkron.

Cara Menggunakan Google Jamboard

Untuk menngunakan Google jamboard kalian bisa login terlebih dahulu menggunakan akun belajar.id ya. Kemudian kalau sudah login kalin tinggal pilih menu jamboard atau login ke link jamboard.google.com.

Tampilan Google Jamboard
Tampilan Google Jamboard

Untuk memulai Google Jamboard kalian bisa klik tanda + dipojok kanan bawah. Setelah itu akan tampil papan tulis putih seperti dibawah ini.

Papan Tulis Jamboard
Papan Tulis Jamboard

 

Untuk menggunakan kalian bisa menggunakan tool yang ada di sebelah kiri Anda. Mulai dari membuat teks, menyisipkan gambar, membuat sticky notes, menggambar, menghapus, dll.

Nah jika kalian masih bingung bisa melihat video dibawah ini ya

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like these