TABLIGH AKBAR SMKN 1 TENGARAN

TABLIGH AKBAR SMKN 1 TENGARAN

X— SATA,    Jumat (17/2) SMKN 1 Tengaran kembali mengadakan acara Tabligh Akbar guna memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang selalu diselenggarakan tiap tahunnya. Bapak Sidiq Affandi selaku guru agama Islam di SMKN 1 Tengaran mengemukakan bahwa diselenggarakannya acara ini bertujuan agar setiap warga yang ada di sekolah teringat kembali kewajibannya sebagai seorang muslim untuk melaksanakan salat lima waktu sehingga apa yang menjadi perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi menuju ke langit itu tetap bisa kita laksanakan dan itulah salah satu perintah Allah yang menjadi kewajiban kita sebagai seorang muslim.

“Isra mi’raj sendiri merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW yang sudah tercantum dalam Surah Al Isra ayat 1, bahwa Allah memperjalankan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa kemudian di naikan dari langit pertama sampai ke tujuh dengan didampingi dua malaikat, yaitu Jibril dan Mikail. Kemudian Allah bertemu secara langsung dengan Nabi Muhammad SAW di Sidratul Muntaha. Pada intinya bahwa yang menjadi perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi menuju Sidratul Muntaha untuk menerima perintah  secara langsung yaitu salat lima waktu, yang bagaimana sudah kita ketahui bersama dalam menerima perintah ini Rasulullah berulang kali naik turun istilahnya karena juga memikirkan umatnya. Bahwa yang dari awal jumlah nya bukan 5, sampai kemudian Rasulullah meminta kepada Allah untuk kewajiban sholat menjadi 5 waktu. Jadi pada intinya perjalanan ini adalah perjalanan Rasulullah menerima perintah sholat yang dilakukan oleh seluruh umat Islam” Tutur Bapak Sidiq Affandi selaku guru agama Islam di SMKN 1 Tengaran.

Acara Tabligh Akbar tahun ini cukup meriah. Acara dibukak dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, dilanjutkan dengan  menyanyikan lagu Indonesia raya dan mars SMKN 1 Tengaran yang diikuti oleh seluruh siswa maupun guru. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari kepala sekolah SMKN 1 Tengaran ibu Farida Fahmalatif, S.Pd , M.Pd. terakhir acara inti yaitu Tabligh Akbar dan doa oleh K.H Muhammad Sholeh Mubin,S.Ag. M.H. dari Susukan, Kab. Semarang.

Adapula beberapa kesan dan pesan dari siswa siswi yang mengikuti acara Tabligh Akbar:

“Untuk kesannya sendiri saya sangat senang dengan diselenggarakannya acara ini, saya bisa mendapatkan ilmu tambahan dari acara ini. Pesannya saya sangat berterimakasih kepada tim SKI yang sudah ikut membantu acara isra mi’raj ini berjalan dengan lancar” tutur Pipit Srirahayu (Xll tata boga 1).

“Acara ini sangat berkesan bagi saya dan teman-teman karena bisa mendengarkan ceramah serta mendapat pengetahuan baru tentang isra mi’raj. Untuk pesannya saya  sangat berterimakasih kepada tim rebana yang ikut memeriahkan acara ini.”ucap Aditya putra romadhon (Xll TOKR 2).

 

 

Penulis : Ikhsan Wahyu Aryanto dan Muhammad Bardha (Jurnalis X-SATA)

About the Author

smkn1tengaran

WEB SEKOLAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like these