Motivasi Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Tengaran

Motivasi Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Tengaran

Xsata, 13 Mei 2024. Siswa SMK dituntut mampu beradaptasi dengan persaingan di dunia kerja, siswa SMK diharapkan memiliki hard skill dan soft skill yang baik. Selaras dengan program yang ada di dalam Kurikulum Merdeka yang dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bertujuan untuk mendorong siswa SMK dalam menguasai berbagai bidang keilmuan dan pengalaman sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja. Salah satu bentuk program tersebut adalah kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). PKL merupakan program yang dirancang untuk memberikan wawasan maupun pengalaman terkait dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja yang dilaksanakan selama satu semester yaitu di semester 6.

Setelah siswa kelas XII selesai melaksanakan PKL selama satu semester, siswa kelas XII kembali kesekolah untuk menyelesaikan laporan PKL. Berkelanjutan dari program PKL yang sudah dilakukan siswa kelas XII, sekolah juga mengadakan kegiatan motivasi kerja untuk siswa kelas XII pada hari Selasa, 7 Mei 2024. Setelah siswa menerima pengumuman kelulusan pada tanggal, 6 Mei 2024 sore hari, keesokan harinya sekolah mengadakan kegiatan motivasi kerja untuk membekali siswa kelas XII yang sudah menyelesaikan pendidikan pada jenjang SMK dalam memasuki dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja. Kegiatan ini dihadiri oleh mitra-mitra kerja SMK Negeri 1 Tengaran, diantaranya: PT. Sadua Indo, Karir Anak, PT. Selalu Cinta Indonesia (SCI), LPK Homare Academy, dan LPK Seikou Gakkou. Pihak sekolah menyampaikan kepada siswa kelas XII agar tergabung di dalam grup BKK SMK Negeri 1 Tengaran untuk mempermudah informasi terkait dengan lowongan pekerjaan mitra-mitra kerja SMK Negeri 1 Tengaran

Di dalam kegiatan ini Kepala SMK Negeri 1 Tengaran, Ibu Farida Fahmalatif, S.Pd., M.Pd mengucapkan selamat kepada siswa siswi kelas XII yang telah menyelesaikan pendidikannya di jenjang SMK, beliau juga memberikan motivasi kepada siswa siswi untuk menyiapkan diri mengadapi persaingan di dunia usaha, kerja, dan industri, selain itu beliau juga menyampaikan semangat belajar kepada siswa siswi yang ingin melanjutkan sekolah kejenjang perguruan tinggi. Jangan lupa selalu berdoa dan meminta restu kedua orang tua. Semoga anak-anak semua dapat menggapai cita-cita yang diinginkan. Diakhir sambutan beliau juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak-pihak yang terkait yang sudah membantu terselenggaranya kegiatan ini.

 

Ditulis oleh: Diarny Widyastuti, S.Pd

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like these