SMK NEGERI 1 TENGARAN MELAKSANAKAN UJI KOMPETENSI SERTIFIKASI 2023

SMK NEGERI 1 TENGARAN
MELAKSANAKAN UJI KOMPETENSI SERTIFIKASI 2023

 

X-SATA — 9 s.d. 18 Maret SMK Negeri 1 Tengaran melaksanaan ujian kompetensi sertifikasi 2023 yang diselenggarakan oleh LSP SMKN 1 Tengaran. Kegiatan ini diadakan setiap tahun dan bisa dicicil mulai dari kelas X atau XI.

Hal tersebut dimungkinkan untuk dicicil karena dengan rincian, Jurusan Teknik Kendaraan Ringan 7 kluster, Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor 4 kluster, Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak 3 kluster, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan 3 kluster, Jurusan Tata Busana 5 kluster,dan Tata Boga 6 kluster. Apabila siswa dapat memenuhi kluster tersebut dan lulus dari semua kluster, maka siswa berhak mendapat sertifikat yang bergambar garuda dari BNSP.

Adapaun tujuan dari kegiatan tersebut yaitu, 1)membekali lulusan dengan sertidikat kompetnszi sesuai dengan yg diujikan, 2) dalam rangka ujian praktik sekolah untuk mapel kompetensi kehalian (UKK).

Agar acara tersebut dapat berjalan dengan lancar, pihak sekolah perlu mempersiapkan para asesi dengan cara sudah memberikan diklat dan pelatihan kepada para siswa sesuai dengan kluster yang akan diujikan. Selain itu, pihak sekolah harus menyiapkan Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang sudah disesuaikan dengan tempat industri.

Selain pihak sekolah, pihak LSP SMK Negeri 1 Tengaran juga peril mempersiapkan Materi Uji Kompetensi (MUK), standar yang menjadi acuan seperti SKKNI, buku manual, resep masakan, produk busana, dan lain sebagainya. kemudian harus menyiapkan atau memilih asesor yang incredible dibekali dengan dua sertifikat asesor dan sertifikat teknis yang belum kedaluwarsa.

“Untuk para asesi semoga bisa melalui tahapan asesmen sehingga bisa direkomendasikan kompeten dan berkualtas  serta dapat menjaga kompetensinya di dunia industri kelak. Pungkas Bapak Joko Sukamto ketika diwawancari tim jurnalis X-SATA.

 

19 Pengunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.