Sosialisasi Pengembangan SMK Pusat Keunggulan – SMKN 1 Tengaran

sosialisasi pengembangan smk pk
sosialisasi pengembangan smk pk

SMK Negeri 1 Tengaran merupakan salah satu SMK di Provinsi Jawa Tengah yang dikembangkan sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) tahun 2021. Untuk menjalankan program tersebut perlu diberikan pemahaman kepada seluruh stakeholder sekolah melalui kegiatan sosialisasi, pada 29 September 2021 lalu.

Kegiatan sosialisasi pengembangan SMK-PK di hadiri oleh Bapak Sunarto, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I dan Bapak Supriyanto S P. S.TP. selaku Pengawas Pembina SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, dan seluruh stakeholder SMKN 1 Tengaran.

Acara diawali dengan sambutan dari Bapak Haris Wahyudi, S.Pd., M.Pd, selaku kepala sekolah. Dalam sambutannya, beliau memaparkan hasil yang sudah dilaksanakan dari SMK-PK yang merupakan lanjutan dari program Center of Excellent (COE). Melalui program SMK-PK, lulusan SMK diproyeksikan siap untuk bekerja. Untuk mencapai hal itu, perlu inovasi kurikulum SMK-PK yang berbasis dunia kerja. Secara menyeluruh perlu ada perubahan kearah yang lebih baik lagi mulai dari input (passion, visi, minat dan bakat siswa), proses pembelajaran (merdeka belajar, mindset & leadership, link and match (8+i), kurikulum berbasis industri, pembelajaran berbasis projek, soft skill & karakter pelajar pancasila, hard skill, guru tamu dari DUDIKA, magang guru, teaching factory dan infrastruktur), output, dan outcome (produktivitas, daya saing, dan pertumbuhan ekonomi)

Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan Bapak Sunarto, S.Pd., M.Pd, selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I yang sekaligus membuka acara sosialisasi dan koordinasi pengembangan SMK-PK. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya pelaksanaan program pengembangan SMK-PK di SMKN 1 Tengaran untuk diterapkan dengan sungguh-sungguh sepenuh hati agar mencapai kesuksesan sebagai SMK-PK.

SMK-PK diharapkan dapat menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja sekolah di sekitarnya agar memiliki relevansi dengan kebutuhan dunia kerja dan industri.

24 Pengunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.