Pembelajaran Kolaboratif XSATA

Pembelajaran kolaboratif

Xsata, April 2024. Pada tahun pelajaran 2023/2024 SMK Negeri Tengaran melaksanakan pembelajaran kolaboratif antar mata pelajaran. Salah satu pembelajaran kolaboratif yang dilakukan adalah mata pelajaran Bahasa Jawa dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran kolaboratif ini bertujuan untuk memudahkan para siswa belajar dan bekerjasama, saling menyumbangkan pemikiran dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara kelompok maupun individu.

Pembelajaran kolaboratif dilaksanakan pada kelas XI, pembelajaran kolaboratif ini menampilkan karya seni drama yang menggunakan percampuran antara Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia. Bahasa narasi menggunakan Bahasa Indonesia dan pembuatan poster, kemudian Bahasa dialog menggunakan Bahasa Jawa. Persiapan pementasan dilakukan selama kurang lebih 6-7 minggu, kemudian pementasan dilaksanakan menurut jadwal guru yang mengajar.

Pada hari Jumat, 26 April 2024 bertempat di aula SMK N 1 Tengaran kelas XI RPL 4 menampilkan hasil pembelajaran kolaboratif berupa seni drama dan pembuatan poster. Satu kelas dibagi menjadi dua kelompok besar dan menampilkan dua judul drama yang berbeda, yaitu drama yang berjudul “Jaka Ngeyup” dan “Keong Emas”. Peserta didik sangat antusias dan totalitas dari mulai mempersiapkan naskah, memilih aktor, latihan menghafal dialog, persiapan kostum, properti, dan pada akhirnya pementasan. Kedua drama yang ditampilkan siswa siswi kelas XI RPL 4 dikemas dengan sedikit diberi sentuhan humor supaya tidak terkesan kaku.

Semoga kedepannya pembelajaran kolaboratif dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran yang menambah manfaat di dalam dunia Pendidikan.

Ditulis oleh     : Diarny Widyastuti, S.Pd.

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like these