PRAMUKA SMKN 1 TENGARAN JUARA 1 LOMBA PIONEERING

smkn1tengaran juara 1 lomba pioneering
smkn1tengaran juara 1 lomba pioneering
Smkn 1 Tengaran juara 1 lomba pioneering

Pramuka SMKN 1 Tengaran akhirnya meraih juara 1 dalam Lomba Pioneering Penegak yang diselenggarakan oleh SAKA WIRA KARTIKA KODIM 0714/SALATIGA, 25 September 2021. Dalam lomba ini, tim Pramuka Putri SMKN 1 Tengaran mengalahkan peserta Pramuka Penegak Se-Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang.

Pioneering merupakan satu kemampuan mendasar dan penting yang harus dimiliki oleh setiap anggota pramuka. Pioneering melatih setiap anggota pramuka menjadi orang yang tekun, ulet dan sabar dalam membuat pioneering tersebut.

Lomba Pioneering tahun ini mempertandingkan pembuatan Gubuk (rumah kecil yang biasa digunakan beristirahat di sawah atau ladang pedesaan) dengan bahan dasar tongkat pramuka dan tali pramuka yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi untuk berteduh atau beristirahat dalam perkemahan, hal ini selain menuntut kemampuan dasar pioneering itu sendiri juga menuntut kreativitas dan penghitungan yang matang untuk bisa menghasilkan Gubuk yang kuat dan mampu berfungsi sebaik mungkin.

Tidak mudah untuk mengalahkan peserta dari sekolah lain dalam lomba pioneering yang diadakan oleh SAKA WIRA KARTIKA KODIM 0714/SALATIGA. Tim pramuka SMKN 1 Tengaran dengan penuh semangat melaksanakan latihan menyambut lomba pioneering tersebut. Alhasil, tim Pramuka putri berhasil menyabet juara 1. “Selaku pembina, saya turut bangga atas prestasi dan kerja keras tim Pramuka SMKN 1 Tengaran. Lomba pioneering sebenarnya bukan hanya sekadar mengasah keterampilan fisik semata, tetapi juga keterampilan intelektual, emosional dan juga sosial. Dan mereka membuktikan hal itu”, ungkap Siswati, S.T selaku pembina pramuka.

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like these