SMKN 1 Tengaran Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dengan Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

SMKN 1 Tengaran  Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dengan Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat
SMKN 1 Tengaran Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dengan Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik.

Pelaksanaan UKK SMKN 1 Tengaran dimulai tanggal 15 April sampai dengan 24 April 2021. UKK ini dilaksanakan melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Kesatu (LSP-P1) SMKN 1 Tengaran. Pelaksanaan UKK diikuti oleh 6 Kompetensi Keahlian, yaitu Teknik Kendaran Ringan Otomotif (TKRO), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknologi Komputer dan Jaringan (TKJ), Tata Busana (TB) dan Tata Boga( TG). Khusus untuk kompetensi keahlian TG sudah melaksanakan UKK lebih awal.

Sebelumnya, SMKN 1 Tengaran telah melaksanakan Pra-UKK dan konsultasi kepada peserta didik kelas XII secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan membatasi jumlah peserta didik yang hadir. Pra-UKK dilaksanakan sebagai pembekalan terhadap peserta didik serta untuk mengetahui sejauh mana persiapannya dalam mengikuti UKK nantinya.

Pelaksanaan UKK di SMKN 1 Tengaran melalui LSP-P1 diuji oleh assesor yang tergabung di LSP-P1 SMKN 1 Tengaran. Proses pelaksanaan UKK sendiri berlangsung di TUK Sewaktu pada masing-masing kompetensi keahlian. Penting diketahui bahwa pelaksanaan UKK SMKN 1 Tengaran tahun 2021 dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Antara lain, peserta didik sebelum memasuki bengkel harus cek suhu terlebih dahulu, cuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah disediakan, dan wajib menggunakan masker atau fice shield serta mendapat ijin dari orang tua.

Pelaksanaan UKK ini, sebagai tahap akhir peserta didik kelas XII untuk menampilkan dan memberikan kompetensi terbaik mereka. Yang mana mereka ditagih dan diuji keahlian dan keterampilan di bidang masing-masing dalam bentuk ujian praktik. “UKK ini menjadi unjuk kebolehan dan kompetensi peserta didik setelah 3 tahun menjalani pendidikan dan pelatihan yang dibimbing oleh guru-guru profesional,” ungkap Dewi pewakilan kelas XII. Semua peserta didik diharapkan mampu maksimal dan serius selama UKK berlangsung.
Kepala SMKN 1 Tengaran menjelaskan bahwa pelaksanaan UKK ini bertujuan untuk melihat hasil kompetensi peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran selama hampir tiga tahun, serta sebagai bekal nanti menghadapi kesiapan di dunia kerja. Diharapkan seluruh peserta didik yang mengikuti UKK, mendapatkan hasil yang terbaik, ilmu yang bermanfaat selama mengikuti pembelajaran di sekolah serta dapat bersaing di dunia kerja dengan skill yang dimiliki.

52 Pengunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.