UNBK SMPN 2 Tengaran & SMP Terbuka Tengaran dilaksanakan di LabKomp SMKN 1 Tengaran

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Ujian Nasional Berbasis Komputer ini berbeda dengan Paper Based Test atau sistem ujian nasional berbasis kertas. Sejarah pelaksanaan UNBK sendiri dimulai pada tahun 2014, dimana pada tahun itu sekolah yang melaksanakan UNBK hanya dua yaitu SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan SMP Indonesia Singapura. Dengan suksesnya pelaksanaan ujian di kedua sekolah tersebut, mendorong KEMDIKBUD untuk menerapkan UNBK diseluruh sekolah di Indonesia.

Pelaksanaan UNBK  Tahun Pelajaran 2017/ 2018 SMP Negeri  2 Tengaran dan SMP Terbuka Tengaran dilaksanakan Senin 23 April 2018 s/d 26 April 2018. Penyelenggaraan UNBK ini dilaksanakan di Lab Komputer SMKN 1 Tengaran dengan jumlah siswa  285 dari SMPN 2 Tengaran, sedangkan dari SMP Terbuka Tengaran dengan jumlah siswa 28. yang sebelumya siswa sudah melaksanakan simulasi UNBK , gladi bersih UNBK dan tryout dari mapel UNBK.

Pelaksanan UNBK ini menggunakan 4 Lab komputer dengan 3 sesi. Sedangkan untuk mapel UNBK seperti dibawah ini :

  1. Senin, 23 April 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
  2. Selasa, 24 April 2018 Mata Pelajaran Matematika
  3. Rabu, 25 April 2018 Mata Pelajaran Bahasa Inggris
  4. Kamis, 26 April 2018 Mata Pelajaran IPA

Fungsi UNBK yang lain yaitu dapat meredam banyak kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional, sehingga akan mempu untuk menumbuhkan minat belajar dikalangan siswa. Hal ini dikarenakan siswa tidak lagi mengandalkan bocoran kunci jawaban pada saat mengikuti ujian nasional, sehingga mau tidak mau mereka akan berusaha untuk dapat lulus dalam ujian nasional yang dihadapi.

Selain itu tujuan UNBK kedepannya adalah dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan diharapkan nilai kelulusan nantinya bisa dijadikan patokan untuk jenjang pendidikan berikutnya, jadi tidak ada lagi test penerimaan siswa atau mahasiswa baru agar dapat menghemat biaya, semua mengacu pada nilai akhir kelulusan.

86 Pengunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.