Proyek Wedding Jurusan Kuliner SMK Negeri 1 Tengaran

project wedding smkn1tengaran

Xsata, September 2024. Pada tahun pelajaran 2024/2025 SMK Negeri Tengaran masih melaksanakan pembelajaran kolaboratif. Salah satu pembelajaran kolaboratif yang dilakukan adalah di jurusan Kuliner. Pembelajaran kolaboratif ini dilakukan di kelas XII. Pembelajaran kolaboratif ini bertujuan untuk memudahkan para siswa belajar dan bekerjasama, saling menyumbangkan pemikiran dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara kelompok maupun individu.

Pembelajaran kolaboratif ini mengambil tema “Wedding“, pengambilan tema tersebut telah disesuaikan dengan mapel produktif yang dipelajari siswa pada jenjang tersebut. Pembelajaran kolaboratif ini menggabungkan pembelajaran produktif kuliner yang meliputi mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan, Pastry Bakery, Patisery, Produk Cake dan Kue Indonesia, serta mapel yang terakhir adalah Bahasa Indonesia. Dikelas XII terdapat dua kelas yang berada di jurusan kuliner, kemudian setiap kelas mengambil tema pernikahan adat yang berbeda. Di kelas kuliner 1 mengambil tema pernikahan adat Sunda dan di kelas kuliner 2 mengambil tema pernikahan adat Minang. Kemudian setiap kelas menentukan masing-masing peran dan juga menentukan menu apa saja yang akan disajikan diacara tersebut.

Di kelas XII Kuliner 1 yang mengambil tema pernikahan adat Sunda menyepakati menu yang disajikan meliputi: bajigur, mochi kacang, bolen ayam, lotek khas Sunda, soto Bandung, nasi liwet ayam lengkuas, botok telur asin, dan es oyen.

Di kelas XII Kuliner 2 yang mengambil tema pernikahan adat Minang menyepakati menu yang disajikan meliputi: ketan srikaya, martabak kari, sate padang, soto padang, nasi padang, es tebak dan puding lumut.

Seluruh kegiatan dilakukan oleh peserta didik dengan persiapan satu bulan lamanya, selain mempersiapan menu yang akan disajikan para peserta didik juga harus mempersiapan acara yang bertemakan pernikahan tersebut. Dari mempersiapan peran-peran yang ada di dalam acara, dari peran pengantin, orang tua pengantin, pembawa acara (MC), pengisi acara dan juga pramusaji. Selain itu, juga mempersiapan dekorasi acara pada hari dilaksanakannya acara tersebut. Semua kegiatan dilakukan oleh siswa dengan guru pengampu sebagai pembimbing dari persiapan acara sampai dengan selesainya acara. Selain peserta didik dan guru pengampu, kegiatan ini juga melibatkan DuDi yang bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Tengaran dalam menyukseskan acara tersebut, contohnya yaitu Cantika, DuDi yang bekerjasama untuk kostum, dekor, dan makeup pengantin, orang tua pengantin, MC, pengisi acara, dan para pramusaji. Pelaksanaan wedding dilaksanakan ditanggal 4 September 2024 pada kelas XII Kuliner 1 dan pada tanggal 11 September 2024 pada kelas XII Kuliner 2. Acara dilaksanakan di Lorong SMK Negeri 1 Tengaran.  Acara berjalan sukses dan lancar sehingga seperti acara wedding yang sesungguhnya. Semoga pembelajaran kolaboratif ini menjadikan peserta didik menjadi lebih termotivasi dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dan bertanggung jawab.

Ditulis oleh: Diarny Widyastuti, S.Pd.

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like these