SMK Negeri 1 Tengaran sebagai sekolah pengimbas SMK jejaring Teaching Factory

SMK Negeri 1 Tengaran sebagai sekolah pengimbas SMK jejaring Teaching Factory

(XSata, Jum’at, 6/9/2024). SMK Negeri 1 Tengaran ditunjuk oleh Kementrian untuk menjadi sekolah pengimbas SMK jejaring dan industri program bantuan pemerintah yang mengembangkan pengajaran berbasis pabrik (teaching factory). Dua jurusan yang ditunjuk adalah Rekayasa Perangkat Lunak dan Kuliner. SMK jejaringnya yaitu SMK Wikrama 1 Kabupaten Semarang, SMK Dharma Lestari dan SMK Pembangunan Ampel.

Kegiatan diawali pada tanggal 29 September 2024 yaitu rapat koordinasi antara SMK pengimbasan, SMK jejaring dan industri. Kegiatan selanjutnya adalah pada tanggal 6 September 2024 yaitu penyamaan persepsi program bantuan Tefa skema pengimbasan. Kegiatan dihadiri oleh dunia usaha dunia industri, sekolah jejaring dan dua narasumber pendamping dari pusat, yaitu Devita Esfira Emeralda dari Dirjen SMK dan Yeni Yuliyanti, M.Pd dari Universitas Negeri Jakarta.

Kegiatan dibuka oleh bapak Bagyo Santoso selaku pengawas SMK cabdin 1. Beliau berpesan bahwa teaching factory adalah bagaimana mengajarkan kepada peserta didik sesuai pekerjaan secara nyata. Pemateri pertama yaitu ibu Devita meyampaikan latar belakang pembelajaran berbasis Tefa adalah bahwa suasana SMK akan berubah bukan saja lingkungannya yang harus dikondisikan seperti keadaan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja, namun juga ekosistem dan atmosfir sekolah juga harus berubah. Melalui bantuan pengajaran berbasis pabrik (teaching factory) skema pengimbasan, maka ekosistem teaching factory di SMK dapat meluas ke SMK sekitar.

Narasumber berikutnya yaitu ibu Yeni memaparkan secara lebih terperinci mengenai bagaimana Tefa diterapkan di sekolah. Bagaimana dan apa yang harus dipersiapkan oleh sekolah yang akan menerapkan Tefa. Kegiatan masih akan berlanjut dengan kegiatan workshop sebanyak 5 kali. Kegiatan penyamaan persepsi program bantuan Tefa skema pengimbasan diakhiri oleh kepala SMK Negeri 1 Tengaran yang berpesan bahwa walaupun program pengimbasan sudah selesai, namun kerjasama yang terjalin baik akan tetap ada. Kegiatan ini ditutup oleh bapak Andang Fitriadi, SE, M.Si selaku kasi SMK.

Ditulis oleh : Ninik Dwi Royani, S.Pd

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like these