Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kebekerjaan SMK Negeri 1 Tengaran

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kebekerjaan

(XSata, Oktober 2024) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu upaya untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel dalan hal kegiatan dan waktu pelaksanaan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK memiliki beberapa tema, yaitu: gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal, bangunlah jiwa dan raganya, Bhuneka Tunggal Ika, Suara Demokrasi, kewirausahaan, dan kebekerjaan. Berkaitan dengan tema yang terdapat di dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMK Negeri 1 Tengaran pada semester ini mengambil tema Kebekerjaan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23-27 September 2024 secara daring dan luring. Secara daring dilaksanakan dari tanggal 22-25 September 2024 dengan cara penugasan kepada peserta didik dan dikerjakan peserta didik secara mandiri di rumah. Kegitan luring dilaksanakan pada tanggal 26-27 September 2024.

Meski memiliki tema yang sama yaitu kebekerjaan tetapi masing-masing jenjang mempunyai tugas dan hasil akhir yang berbeda-beda. Pada kelas X mempelajari tentang profesi apa saja yang nanti bisa ditekuni, materi apa saja yang berkaitan dengan profesi yang akan ditekuni berdasarkan jurusan masing-masing peserta didik. Mengikuti workshop orang tua mengajar yang narasumbernya berasal dari salah satu orang tua peserta didik yang bidang usahanya berhubungan dengan jurusan peserta didik. Pada puncak P5 peserta didik kelas X membuat kertas refleksi yang berisikan kekurangan, kelebihan, profesi yang akan ditekuni dan upaya yang dilakukan untuk menggapai profesi yang diinginkan. Kemudian kertas refleksi tersebut digantungkan pada pohon yang sudah disediakan oleh masing-masing kelas.

Pada kelas XI mempelajari tentang budaya industri Standart Operating Procedure (SOP) pemakaian alat dan pelaksanaan tindakan tertentu tentang budaya kerja. Peserta didik mencari informasi tentang apa itu budaya kerja dan mengamati bermacam-macam SOP yang terdapat di bengkel ataupun lab masing-masing sesuai dengan jurusannya. Hasil akhir di kelas XI ini adalah pembuatan video tentang budaya kerja ataupun SOP yang terdapat di bengkel ataupun lab. Hasil video kemudian dijadikan barcode yang akan ditempel di bengkel ataupun lab masing-masing peserta didik sesuai jurusan. Pembuatan video dilakukan secara berkelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 6 peserta didik. Selain membuat video peserta didik juga mengikuti workshop alumni mengajar yang narasumbernya berasal dari salah satu alumni yang bidang usaha atau pekerjaannya berhubungan dengan jurusan peserta didik.

Pada kelas XII mempelajarai tentang pembuatan surat pekerjaan dan pembuatan CV kemudian peserta didik diberikan contoh latihan tes ketika akan melamar pekerjaan. Peserta didik diberikan tugas mencari lowongan pekerjaan di internet, kemudian membuat surat lamaran dan CV berdasarkan lowongan pekerjaan yang sudah dicari. Peserta didik juga mengerjakan latihan-latihan soal yang sering digunakan saat melamar pekerjaan. Dan diakhir P5 peserta didik membuat refleksi diri yang kemudian ditempel dispanduk yang bergambarkan pohon.

Semoga dengan adanya Projek Penguatan Profil Pancasila dengan tema kebekerjaan tersebut para peserta didik dapat menggapai karir impiannya masing-masing.

Ditulis oleh: Diarny Widyastuti, S.Pd.

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like these