| Ganti Bahasa | Kontak Kami | Buku Tamu |
.::BERITA   .::PROFIL   .::Mikrotik Akademi   .::PPDB ONLINE   .::GURU   .::SISWA   .::ALUMNI   .::INFO BKK  
> Makalah

Artikel

Dikirim : 2017-05-20 09:46:40

Judul: MEKAR MELATI, Alternatif Pembelajaran yang menyenangkan

dan berkarakter di SMKN 1 Tengaran

Harti

hartiksalatiga@gmail.com

 

A.   PENDAHULUAN

1.    Latar Belakang

Sebesar 45% faktor kreatifitas dan inovasi mempengaruhi kemajuan suatu bangsa. Sejalan dengan ciri pembelajaran abad 21 antara lain: (1) pembelajaran harus berpusat pada peserta didik (student centered) (2) mengembangkan kreatifitas peserta didik, (3) menciptakan suasana menarik, menyenangkan, dan bermakna, (4) mengembangkan  beragam kemampuan yang bermuatan nilai dan makna, (5) menekankan pada penggalian, penemuan dan penciptaan (Hosnan, 2014: 85). Kreatifitas dan inovasi dan kritis merupakan salah satu karakter yang akan dicapai dalam misi SMKN 1 Tengaran.

Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewaraganegaraan (PPKn) salah satu mata pelajaran yang fokus pada membentukan karakter dengan pemahaman materi yang mendalam. Kompetensi Dasar (KD) menyaji hasil analisis praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara selama tahun pelajaran 2014/2015 dan 2015/2016 menggunakan model pembelajaran berbasis masalah melalui media facebook. Seiring perkembangan teknologi khususnya media sosial, peserta didik mulai jenuh dengan media facebook. Pemanfaatan media facebook pada saait itu termasuk pembelajaran kreatif, inovatif dan krits. Namun tahun pelajaran 2016/2017 peserta didik 80% menolak pemanfaatan media facebook. Pengalaman sebagai guru PPKn selama 21 tahun, jika peserta didik tidak senang dengan guru, materi, metode, model, pendekatan pembelajaran yang digunakan maka tujuan pembelajaran sulit dicapai.

Tercapainya tujuan pembelajaran sangat perlu melibatkan peserta didik bagaimana pembelajaran akan dilaksanakan (Lickona, 2015:306). Oleh karena itu penulis lakukan kesepakatan-kesepakan dengan peserta didik di setiap awal semester, kadang awal pertemuan mengenai pembelajaran yang akan dilaksanakan. Bermula dari usulan Muhamad Arya Ramadani Kelas XI RPL1 untuk menggunakan , didukung oleh 25 dari 34 jumlah temannya. Demikian juga di lima kelas XI yang lain, 25 sampai dengan 30 peserta didik setuju menggunakan  untuk materi perlindungan dan penegakkan hukum bagi masyarakat. Oleh karena itu penulis selaku guru PPKn selalu kreatif, inovatif, kritis mencari model, media dan pendekatan pembelajaran yang mampu mendorong peserta didik dalam pembelajaran yang menyenangkan sehingga kelas menjadi kreatif inovatif dan kritis pula. Kreatif inovatif dan kritis merupakan karakter penting untuk dikembangkan . Sangat penting bagi seorang guru menuliskan karya inovatif hasil pembelanjarannya serta mempublikasinya melalui wahana yang relevan Danim (2013:14). Untuk itu penulis membuat best practice dengan judul MEKAR MELATI.

2.    Permasalahan

Rumusan masalah best practise ini yaitu

1.  Apa alasan penerapan pembelajaran Mekar Melati?

2.  Bagaimanakah proses penerapan pembelajaran Mekar Melati?

3.  Bagaimanakah hasil dan dampak penerapan pembelajaran Mekar Melati?

4.  Apa saja kendala yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran Mekar Melati?

5.  Apa saja faktor pendukung penerapan pembelajaran Mekar Melati?

 

3.    Strategi Pemecahan Masalah

               Salah satu kemampuan dasar yang harus dimilki oleh guru adalah kemampuan berpikir kreatif-argumentatif (critical-argumentative thinking ability) yaitu menggagas hal-hal baru untuk solusi cerdas dan menciptakan konteks belajar yang dikehendaki (Danim, 2015:208). Maka usulan peserta didik untuk menyajikan hasil analisis tentang perlindungan hukum dan penegakkan keadilan bagi masyarakat direspon oleh penulis dengan mengembangkan pendekatan REDI ditulis oleh Sudarwan Danim dalam buku Pengembangan Profesi Guru (2015:81-82). Empat tahapan pendekatan REDI yaitu Rapport Building (membina hubungan), Eksploration (eksplorasi), Decision making (pengambilan keputusan) dan Implementing of decision (pelaksanaan keputusan) dikembangkan penulis menjadi MELATI akronim dari Pendekatan Menjalin Hubungan, Laksanakan keputusan, Tindak lanjut. Model pembelajaran MELATI sebagai salah satu alternatif menciptakan pembelajaran yang Menyenangkan dan berkarakter (MEKAR). Adapun alur berpikir pembelajaran MEKAR MELATI sebagai berikut:

bagan1.JPG

 

B.   IMPLEMENTASI MEKAR MELATI

1.    Alasan Pemilihan Model MEKAR MELATI

a.    Teoretis

Kreativitas peserta didik akan tumbuh, didukung oleh suasana pembelajaran, yaitu suasana yang menyenangkan. Menurut Dave Meier (2000), orang dapat belajar paling baik dalam lingkungan fisik, emosi, dan sosial yang positif, yaitu lingkungan yang tenang sekaligus menggugah semangat belajar. Adanya rasa keutuhan, keamanan, minat, dan kegembiraan sangat penting untuk mengoptimalkan pembelajaran.

Dijelaskan pula oleh Dave Meier bahwa kegembiraan ini sangat berarti guna membangkitkan minat, adanya keterlibatan penuh, dan terciptanya makna, pemahaman, nilai yang membahagiakan pada diri si pembelajar. Dan kegembiraan belajar ini jauh lebih penting untuk pembelajaran daripada segala teknik, metode atau medium yang mungkin dipilih untuk digunakan. Jadi prinsip dasar dari konsep enjoyful learning adalah menimbulkan antusiasme, kemandirian dan motivasi siswa sehingga anak dapat menikmati pelajaran yang diberikan.

.    Karakter yang dikembangkan yaitu kreatif, inovatif dan kritis sesuai dengan misi di SMKN 1 Tengaran dan ciri pembelajaran abad 21. Karena inovasi dan kreativitas memegang kunci utama dalam memenangkan perubahan dan persaingan yang ketat (Suharsaputra, 2016:242).

bagan2.JPG

Sumber: Suharsaputra, 2016:245

Bagan 2.Deskripsi Kreativitas dan Inovasi

 

Karakter kreatif inovatif dengan media pembelajaran komik mempunyai fungsi menyampaikan pesan pembelajaran. Komunikasi belajar akan berjalan dengan maksimal jika pesan pembelajaran disampaikan secara jelas, runtut, dan menarik

(Waluyanto, 2006). Sesuai pendapat Bobby Depotter (2004) yaitu ” Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia mereka”. Media pembelajaran komik ide kreatif dari pserta didik diterima oleh guru, guru menyampaikan materi melalui media pembelajaran komik.

b.    Empiris

Sebesar 80% peserta didik menyukai komik. Bahkan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menceritakn terinspirasi membuat taman yang indah dari komik yang dibaca ketika SD. Penulis tertarik komik ibadah menyampaikan pesan dengan cara yang menyenangkan.

 

2.    Implementasi Strategi MEKAR MELATI

               Model pembelajaran MELATI bagi pembelajaran PPKn meliputi langkah-langkah berikut:

a. Menjalin Hubungan

1)    Menjalin komunikasi positif dengan peserta didik.

2)    Mengucapkan salam dan menanyakan kabar peserta didik.

3)    Memperkenalkan topik bahasan yaitu perlindungan dan penegakkan hukum bagi masyarakat.

4)  Mendapatkan informasi mengenai kebutuhan peserta didik, melalui tanya jawab ternyata peserta didik sudah tidak tertarik jika pembelajaran memanfaatkan media facebook. Beraarti diperlukan kreatifitas dan inovasi. Usulan Muhamad Arya Ramadhani disambut baik oleh teman-temannya.

5)    Pengambilan keputusan menngunakan media komik dengan materi hukum

6)   Identifikasikan pilihan-pilihan peserta didik dalam mengambil keputusan. Ada peserta didik yang mengusulkan metode lain yaitu membuat novel, animasi, sosiodrama lagu dan lainnya.

7)    Berikan penjabaran dari keuntungan, kerugian, dan konskuensi dari media komik.

b. Laksanakan keputusan

1)    Pembagian tugas membuat komik materi perlindungan dan penegakkan hukum. Satu komik dibuat oleh dua peserta didik dalam satu bangku. Satu orang mendesain gambar, satu orang mengisi percakapan.

gambar1.JPG

Gambar 1. Pembuatan Komik Hukum Kelas XI RPL3

2)    Analisis masalah perlindungan dan penegakkan hukum bagi masyarakat. Peserta didik mengeksplorasi peristiwa-peristiwa hukum di masyarakat.

3)    Pelaksanaan pembuatan komik oleh masing-masing kelompok sebangku, berdasar hasil analisis masalah hukum.

4)    Presentasi

Perwakilan kelompok mempresentasikan karyanya, untuk diapresianya guru dan teman-temannya.

c.   Tindak lanjut.

1)    Sosialisasi komik dengan menempelkan di dinding

2)    Inspirasi dari komik oleh peserta didik dan guru.

3)    Pengembangan berdasar kelebihan dan kekurangan media komik.

 

3.    Hasil yang Dicapai dan Dampak Penerapan MEKAR MELATI

1)    Hasil yang Dicapai

                    a.    Terbitnya dua buku Komik Hukum.

gambar2.JPG

Gambar 2. Cover Buku Komik Hukum

 

                        b.    Peningkatan budaya belajar yang menyenangkan.

                        c.    Tumbuhnya budaya keatif, inovatif.

                        d.    Peningkatan hasil belajar dari rata-rata nilai 87 pada tahun pelajaran 2015/2016 menjadi 89 pada tahun pelajaran 2016/2017.

                        e.    Tumbuhnya budaya pembelajaran kreatif, inovatif dn kritis di lingkungan sekolah.

2)    Dampak Penerapan MEKAR MELATI

               Dampak bagi peserta didik, guru, sekolah maupun masyarakat.  

      1)  Juara 1 Lomba Kadarkum SMA/ SMK se Kabupaten Semarang.

      2)  Juara 2 LCC  Sosialisasi Pemilu  bagi pelajar SMA SMK Se Kabupaten Semarang

      3)  Penghargaan bagi guru peserta Diklat Nasionalisme dan Pembinaan Karakter bagi Pembina Kesiswaan terbaik 3 Provinsi Jawa Tengah.

 4)   Memperoleh penghargaan Peringkat 2 Forum Ilmiah Guru PPKn Tingkat Nasional oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

 5)   Memperoleh penghargaan best performance Forum Ilmiah Guru PPKn Tingkat Nasional oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

 6)  Memperoleh penghargaan Peringkat 2 Anugerah Konstitusi oleh Mahkamah Konstitusi bekerja sama dengan Kemterian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional.

7)   Kerjasama antara sekolah dengan Tim Kadarkum kabupaten Semarang. SMKN1 Tengaran sebagai tempat penyuluhan hukum bagi siswa SMA SMK dan guru PPKn Kabupaten Semarang.  Kerjasama dengan Kepolisian Resort Kabupaten Semarang, pembuatan SIM massal bagi peserta didik yang memenuhi syarat hukum.

8)    Tumbuhnya Budaya Kreatif Inovatif Kritis di Lingkungan sekolah, Kabupaten Semarang dan Nasional.

9)   Tumbuhnya budaya literasi oleh guru-guru di Lingkungan sekolah, Kabupaten Semarang dan Nasional.

4.    Kendala-kendala yang Dihadapi

a.    Guru kurang menguasai teknik membuat komik.

b.    Ada materi komik bukan hukum.

c.    Ada 3 sampai 4 peserta didik tiap kelas yang kurang tertarik pada komik.

d.    Belum ada daftar isi, banyak yang tidak menuliskan judul.

5.    faktor-faktor Pendukung

1.    Minat peserta didik pada komik sangat tinggi.

2.    Peserta didik senang belajar PPKn.

3.    Apresiasi dari pimpinan dan teman sejawat.

4.    Alat dan bahan mudah didapatkan.

5.    Tersedianya berbagai sumber karakter komik di internet.

 

6.    Alternatif Pengembangan

1.    Perlu dilengkapi daftar isi dan judul tiap sub materi.

2.    Nama pembuat dicantumkan.

3.    Kerjasama dengan sekolah lain untuk menggunakan Komik Hukum karya peserta didik sebagai media pembelajaran PPKn yang kreatif inovatif dan kritis.

4.    Kerja sama dengan penerbit buku untuk mencetak Komik Hukum tersebut.

5.    Menggunakan teknik gambar melalui computer.

6.    Mengembangkan media komik hukum dengan karakter lokal.

 

C.   SIMPULAN DAN SARAN

1.     Simpulan

Latar belakang penerapan model pembelajaran MEKAR MELATI  yaitu melaksanakan misi SMKN 1 Tengaran antara lain pengembangan karakter kreatif, inovasi dan kritis. Adanya rasa keutuhan, keamanan, minat, dan kegembiraan sangat penting untuk mengoptimalkan pembelajaran. Pembelajaran yang menyenangkan materi perlindungan dan penegakkan hukum yang diusulkan peserta didik dengan media komik.

           Penerapan model pembelajaran MEKAR MELATI bagi pembelajaran PPKn dengan tiga langkah yaitu pertama, Menjalin Hubungan dimulai dari;1) guru berkomunikasi positif, 2) Memperkenalkan topik bahasan, 3) informasi kebutuhan peserta didik, 4) pengambilan keputusan,5) Identifikasikan pilihan peserta didik, 6) penjabaran konskuensi dari setiap pilihan. Langkah kedua Laksanakan keputusan, 1) Pembagian tugas, 2) Analisis masalah, 3) Pelaksanaan, 4) Presentasi. Ketiga berupa Tindak lanjut, 1) sosialisasi, 2) Inspirasi dan ,3) Pengembangan.

Hasil yang diperoleh yaitu budaya senang belajar sehingga mejudkan dua buku komik hukum. Adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, senigga berdampak terwujud budaya belajar yang menyenangkan, kreatif, inovatif dan  kritis sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar bagi peserta, guru dan masyarakat.

Kendala yang dihadapi, guru kurang menguasai teknik membuat komik, terdapat materi komik bukan hukum, ada 3 sampai 4 peserta didik tiap kelas yang kurang tertarik pada komik dan belum ada daftar isi, banyak yang tidak menuliskan judul. Faktor-faktor pendukung, 1) minat peserta didik pada komik sangat tinggi, 2) peserta didik senang belajar PPKn, 3) Apresiasi dari pimpinan dan teman sejawat, 4) Alat dan bahan mudah didapatkan dan, 5) tersedianya berbagai sumber karakter komik di internet.Alternatif pengembangan, memperbaiki kekurangan MEKAR dan kerjasama dengan penerbit.

 

2.     Saran

Berdasarkan pembahasan di atas, maka penulis menyarankan:

1.      Guru seyogyanya bisa memilih model dan media pembelajaran yang kreatif demi terciptanya suasana belajar yang menyenangkan.

2.      Media media komik hukum untuk digunakan dalam pembelajaran oleh guru-guru PPKn.

3.      Media komik hukum dapat dimodifikasi bagi materi, mata pelajaran lain disesuaikan karakter dan kontennya.

4.      Sekolah mendukung dan mendanai penggunaan buku komik hukum sebagai buku pendidikan yang menunjang pembelajaran.

 

 

 





DAFTAR PUSTAKA

Deporter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2004. Quantum Teaching mempraktikkan Quantum. Learning di Ruang-Ruang Kelas, Bandung ,Kaifa.

Danim, Sudarwan. 2013. Karya Inovatif Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Danim, Sudarwan. 2015. Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: Prenadamedia Group.

Lickona, Thomas.2015. Character Matters, Lebih Dari 100 Strategi Jitu. Jakarta: Bumi Aksara.

Meier, Dave. (2000) The Accererated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pelatihan dan Pendidikan,. Bandung: Kaifa

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Waluyanto,Heru Dwi. 2006. Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. http://puslit2.petra.ac.id . Paper DosenFakultas Seni dan Desain – Universitas Kristen Petra. Diunduh tanggal 15 Februari 2017.

 





Komentar Anda :

Nama :

ALamat :

E-Mail :

Isi Komentar :



[ekarahmawati]. [ringinsariregunung]. [ekarahma145]. [2017-05-13 12:17:47].

[YOLAND ARI SAPUTRA]. [KRAJAN LOR, JERUK, SELO, BOYOLALI]. [ariyoland@gmail.com]. [2017-05-15 16:13:29].

[Arif munandar]. [Ampel]. [ariefmunandar052@gmail.com]. [2017-05-17 13:37:46].

[mohamad]. []. [mohammadfauzi876@gmail.com]. [2017-05-21 18:00:49].

[widya]. [dsn.kwangsan rt 03/03,ds.ketapang,kec.susukan]. [sukmasukmaa6@gmail.com]. [2017-05-22 05:05:47].

[Lilik Khalimah]. [Satriyan Rt: 29 Rw: VII]. [Zetimiftahulzanah@gmail.com]. [2017-05-24 10:51:10].

[hilmasundusiyah]. [jatirejosuruh]. [hilmasundusiyah123@gmail.com]. [2017-05-25 13:00:38].

[hilmasundusiyah]. [jatirejosuruh]. [hilmasundusiyah123@gmail.com]. [2017-05-25 13:02:45].

[ekarahmawati]. [ringinsaruregunung]. [ekarahma145@.gmail.com.]. [2017-05-25 13:16:57].

[ekarahmawati]. [ringinsariregunung]. [ekarahma145@.gmail com.]. [2017-05-25 13:18:18].

[IKA KHOIRUNNISA]. [DUSUN SEMAGU DESA KORIPAN RT 3/ RW 4 KECAMTAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG]. [ikakhoirunnisa99@gmail.com]. [2017-05-26 11:06:37].

[Fitri Mulyani]. [Dsn.Ngaduman,Ds.Regunung]. [fitrimulyani@gmail.com]. [2017-05-30 20:32:30].

[Elsa Kusuma Dewi]. [Klero Krajan]. [elsakusuma@gmail.com]. [2017-05-30 20:47:48].

[Tri Mulyani]. [Karanggondamg Rt.28/Rw.9, Regunung, Kec.Tengaran, Kab. Semarang]. [tri16116@gmail.com]. [2017-05-31 16:34:56].

[Fitri Mulyani]. [Dsn.Ngaduman,Ds.Regunung,Rt31,Rw11]. [fmulyani27@gmail.com]. [2017-05-31 20:35:50].

[hanif tri ashari]. [cabean kulon,karangduren,tengaran]. [haniftri.ashari1212@gmail.com]. [2017-06-02 10:48:44].

[Salma Zashal Billah]. [Ssn]. []. [2017-06-02 18:44:05].

[Salma Zashal Billah]. [Dukuh, Regunung RT 07/02]. [salmazashal@gmail.com]. [2017-06-02 18:46:02].

[Jidan Al-Amin]. [Krajan,Regunung 15/4]. [jidanpost3@gmail.com]. [2017-06-02 21:51:23].

[alfiana nissa ussoli hatur]. [koripan]. [alfiananissa003@yahoo.com]. [2017-06-03 09:45:26].

[arif]. [duren]. [arief_crz31@yahoo.com]. [2017-06-05 05:10:03].

[Ahmad Nasrul Rozak]. [ketapang]. [ahmadnasrul312@gmail.com]. [2017-06-05 23:45:08].

[YOSI RAGIL CAHYONO]. [kembang,ampel,boyolali]. [zenpon1234@gmail.com]. [2017-06-06 08:20:47].

[aji rahmadhani]. [Ds.selodoko, Kec.ampel, Kab.boyolali]. [ajird27@gmail.com]. [2017-06-06 12:26:01].

[eni triyani]. [krandon]. [Enie42 @gmail.com]. [2017-06-11 05:40:57].

[eni triyani]. [krandon/Rt 8/Rw1]. [Enie42]. [2017-06-11 05:44:10].

[eni triyani]. [krandon /Rt 8/Rw1]. [enie42]. [2017-06-11 05:51:42].

[wahyu siti nurhayati]. [koripan Rt4 / Rw2 ,kec.susukan,kab.semarang]. [wahyunuha200@gmail.com]. [2017-06-11 06:07:47].

[eni triyani]. [krandon/Rt 8/Rw1]. [enie42]. [2017-06-11 06:33:26].

[eni triyani]. [krandon/Rt 8/Rw1]. [enie42]. [2017-06-11 06:35:33].

[Vina Oktavia Avianti]. [Kembangsari , Rt 36 Rw 09]. [vinaoktavia62@gmail.com]. [2017-06-11 06:37:36].

[awan]. [Jl. H. abdul syukur]. [ephen2012@gmail.com]. [2017-06-11 09:48:34].

[aditya arifudin kusumo]. [tarumulyo RT 05/02]. [adityaarif688@gmail.com]. [2017-06-13 11:53:12].

[Vemby dwi restanto]. [kuncen,karangduren,tengaran]. [vembydsilva @gmail.com]. [2017-06-13 13:09:36].

[Vemby dwi restanto]. [kuncen,karangduren,tengaran]. [vembydsilva @gmail.com]. [2017-06-13 13:09:36].

[TRIYONO]. [KARANGDUREN.TENGARAN.KAB SEMARANG]. []. [2017-06-19 09:24:04].

[musleh widianto]. [kopeng]. [widiantho21@gmail.com]. [2017-06-20 18:46:42].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:10:34].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:34].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:35].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:36].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:37].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:39].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:40].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:41].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:41].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:42].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:42].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:43].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:44].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:45].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:46].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:48].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:49].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:50].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:51].

[1]. [1]. [sample@email.tst]. [2017-06-25 00:15:52].

[apri adyanto]. [semarang]. [alifarkaan240413@gmail.com]. [2017-08-01 14:50:29].

[apri adyanto]. [semarang]. [alifarkaan240413@gmail.com]. [2017-08-01 14:51:47].

[maidi syahrial]. [Jl. Surya kencana no 1 Pamulang Banten]. [maidi_syahrial@ymail.com]. [2017-10-21 16:45:14].

[Putra Ferry Eka Pambajeng]. [Ds. Sidomukti Dsn. Kopeng kec. Getasan]. [Ferryputra010102@gmail.com]. [2017-12-12 04:46:23].

[ajeiliezan@fastmailforyou.net]. [ajeiliezan@fastmailforyou.net]. [ajeiliezan@fastmailforyou.net]. [2017-12-22 21:47:26].

[GoldenTabs]. [tOAHxtaRBjAoFaiJB]. [support@goldentabs.com]. [2018-01-06 08:23:21].

.::BERITA
Mikrotik Akademi
LAUNCHING AXIOO CLASS PROGRAM
WASANAWARSA SMKN 1 TENGARAN 2016/2017
OSIS SMK N 1 TENGARAN MEMPERINGATI ISRA'MI'RAJ NABI MUHAMMAD S.A.W
WASANAWARSA SMKN 1 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

.::GALERI FOTO
Prestasi


.::AGENDA
Persyaratan PPDB
INFO PPDB ONLINE SMK NEGERI 1 TENGARAN
AKREDITASI


.::MAKALAH
Artikel


.::MATERI AJAR

  BELUM ADA DATA.


.::INFO SEKOLAH
Info PPDB
SMK N 1 TENGARAN SEGERA MEMILIKI LSP-P1
Ujian Nasioan Perbaikan


.::JEJAK PENDAPAT
Menurut Anda, Bagaimana Pendapat Situs baru ini...?.

    memuaskan

    bagus

    lumayan

    biasa saja

    tidak komentar

[Total : 4036 vote].


       
Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn StumbleUpon
©2014. SMK_Rev#0.5