Kenapa Try Out UN Sangat Penting Bagi Kamu, Guru, atau Sekolah?

SMKN 1 Tengaran mengadakan tryout UNBK dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2019 s/d 24 Januari 2019

dengan jumlah siswa 563 dengan 3 sesi tryout

Try out ujian nasional yang diberikan kepada siswa sangat penting artinya bagi semua pihak yang terkait dengan ujian nasional. Bermanfaat untuk siswa sendiri, guru mata pelajaran, pimpinan sekolah maupun orang tua siswa. Tujuannya untuk mempersipakan UN dengan baik agar diperoleh hasil yang optimal.

Manfaat Try Out UN Bagi Siswa

TO UN bermanfaat untuk mengasah keterampilan dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi pelajaran yang diujikan. Esensi soal-soal try out dibuat berdasarkan SKL dan kisi-kisi UN sehingga siswa dapat berlatih mengerjakan soal-soal ujian.

Jika hasil TO yang diperoleh siswa tidak memuaskan maka ini akan menjadi pendorong bagi siswa untuk mengerjakan kembali soal-soal TO. Siswa lebih banyak mengerjakan soal-soal ketimbang membaca dan mempelajari materi pelajaran. Dengan demikian siswa semakin siap untuk menghadapi ujian nasional yang akan datang.

Jangan Anggap Remeh Materi Ini di Ujian Nasional Matematika Besok!

Jadi, kamu benar-benar mempersiapkan komposisi susunan soal-soal yang sesuai dengan format ujian, entah jumlah soal maupun tingkat kesulitan soal.

TO juga dijadikan sebagai evaluasi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa-siswi dalam pelajaran yang disajikan dalam ujian. Hasil tryout menunjukkan sejauh mana kemampuan siswa yang akan menghadapi ujian nasional ini.

Dengan adanya hasil tersebut, siswa lebih berfokus pada pelajaran-pelajaran tertentu. Sehingga kita enggak harus seluruh mata pelajaran yang dipelajari. Tentu akan mempermudah dan kegiatan belajar-mengajar, bukan?

Merasakan suasana UN nanti

Tryout dibuat sama seperti saat ujian nasional. Tujuannya agar para pelajar terbiasa dan terhindar dari rasa tertekan. Tryout dipercaya membuat pelajar lebih tenang saat menghadapi UN nanti. So, buat kalian yang akan menghadapi UN dan sedang tryout, jangan anggap remeh tryout ya.

sebaiknya kamu membuat suasana kondisi ujian sama/ semirip mungkin dengan yang akan kamu hadapi. Jangan sampai saat akan TO kamu sambil ngemil juga sambil dengerin lagu di kasur. Namanya simulasi ya berarti kamu harus buat situasinya sama/ semirip mungkin dengan ujian. Kalau bisa, bahkan kamu merjakan TO juga dengan sistem penjawaban soal yang sama dengan yang akan kamu  hadapi nantinya. (CBT atau PBT).

Manfaat Try Out UN Bagi Guru

hasil yang diperoleh siswa menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran berikutnya. Bagian mana saja materi pelajaran yang perlu dikaji ulang dan diberikan latihan yang lebih banyak.

Selain itu juga dapat digunakan untuk mengambil tindakan dalam mengadakan program belajar tambahan bagi siswa. Hasil try out menjadi pertimbangan untuk memfokuskan kegiatan belajar siswa.

Manfaat Try Out UN Bagi Sekolah

Try out bermanfaat untuk mengetahui peta kemampuan siswa secara keseluruhan di sekolah. Kemudian dibandingkan dengan sekolah tetangga di tingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten.

Sementara itu, try out juga bermanfaat untuk dijadikan pertimbangan dalam membantu siswa belajar di rumah. Jika hasil yang diperoleh siswa belum memuaskan maka orang tua dapat mengambil tindakan atau strategi membimbing siswa belajar di rumah.

13 Pengunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.